Rabu, 11 April 2012

t-shirt printing collections



STUDI KELAYAKAN BISNIS
t-shirt printing collections


Diajukan Oleh :

·         Nama             : BENNY SEPTIADI
·         NPM               : C1B009051
·         No. HP            : 08992343367
·         Divisi             : KEUANGAN

·         Nama             : EDUWIN ELLISE
·         NPM               : C1B009056
·         No. HP            : 085242106890
·         DIVISI            : MARKETING


·         Nama             : DEBI PURNANDES
·         NPM               : C1B009053
·         No. tlp./HP     : 085796446406
·         DIVISI            : PRODUKSI


·         Nama             : SUTAN SIMAMORA
·         NPM               : C1B009083
·         No. tlp./HP     : 085796446406
·         DIVISI            : SDM


jurusan manajemen
UNIVERSITAS BENGKULU
2012

I.       PENDAHULUAN
1.1.   Analisis SWOT
Strength (kekuatan) : Dewasa ini di era yang semakin canggih, produk hasil kerja teknologi semakin berkembang. Salah satunya digital printing.Di sekolah, kampus, instansi, maupun kalangan organisasi lainnya tidak lepas dari hasil produksi digital printing. Contohnya saja, baju persatuan, yang mengatasnamakan kegiatan ataupun nama kelompok mereka.
             Kebutuhan akan hal ini diyakini akan terus bertambah dalam,seiring dengan makin banyaknya kelompok atau kegiatan lainnya baik itu bersifat formal maupun non-formal. Ditambah lagi saat ini Kota Bengkulu sudah semakin ramai dilihat dari aspek pariwisata khususnya.Ini juga bisa menjadi ladang yang baik untuk memasarkan hasil produksi digital printing. Jika berhasil, sebagai pengembangan digital printing ini juga menawarkan produk dalam bentuk baju kaos dengan memasukan nilai-nilai budaya sebagai ciri khas. Nilai budaya dapat berupa gambar makanan khas, tempat wisata, dan lain-lain akan kami padukan dengan produk. Ini adalah salah satu cara untuk melestarikan budaya pada generasi muda. Rencana pengembangan ini sangat bermomentum dengan bengkulu kota wisata.
             Melihat kondisi pasar sekarang, tentunya permintaan akan jasa digital printing akan semakin meningkat baik tidak hanya untuk kepentingan formal tapi juga non-formal, baik dalam kelompok maupun individu, maka usaha t-shirt digital printing mempunyai potensi pasar prospektif dan tidak pernah surut. Oleh karena itu peluang usaha di bisnis ini bisa dikatakan cukup menjanjikan
             Weakness (Kelemahan) : Banyaknya bisnis serupa yang memiliki fasilitas lebih memadai. Serta kurangnya dana untuk melengkapi fasilitas agar dapat bersaing dengan usaha sejenis yang telah lebih dulu ada.Karena itu, kami menyusun study kelayakan bisnis ini.
             Opportunity (Kesempatan): Banyaknya event atau kegiatan yang diadakan oleh berbagai organisasi (formal/non-formal) yang membutuhkan produk t-shirt digital printing berupa baju.
             Melihat potensi lingkungan sekitar permintaan akan teknologi print t-Shirt digital yang semakin meningkat dalam kegiatan-kegiatan umum maupun pribadi seseorang, maka usaha ini mempunyai pangsa pasar prospektif dan tidak pernah surut. Ditambah lagi dengan peluang dalam penjualan produk khas yang bercirikan kebebasan berekspresi pada khususnya.Oleh karena itu peluang usaha di bisnis ini bisa dikatakan sangat menjanjikan.
             Threat (Hambatan) : Gangguan teknis seperti mesin cetak yang rusak atau perangkat elektronik lainnya yang rusak. Perawatan mesin printing yang membutuhkan cukup banyak dana.
I.2      Tujuan Pemasaran
           Adapun tujuan pemasaran dari usaha ini untuk memudahkan para generasi muda untuk mengapresiasikan seni dan kreatifitas mereka dalam sebuah t-shirt
Manfaat Usaha
1.      Mengembangkan jiwa entrepreneurship dan melatih kemandirian dengan membuka usaha yang dikelola sendiri.
2.      Memungkinkan munculnya investor baru yang ingin bekerjasama, baik itu mahasiswa maupun professional.
3.      Membuat usaha yang menguntungkan dan berkelanjutan untuk masa depan.
4.      Memperluas lapangan kerja
5.      Menjadi manusia yang bermanfaat mulai dari diri, keluarga, dan lingkungan sekitar.
6.      Mengapresiasikan seni, kreatifitas dan desain grafis dengan teknologi computer.
7.      Mengaplikasikan soft skills yang telah diperoleh.

II.    PEMASARAN
II.1      Wilayah dan Sasaran Pemasaran
         Wilayah pemasaran yang dituju adalah dengan rencana jangka pendek untuk menguasai pasar potensial yang ada di bengkulu, selanjutnya pengembangan dan perluasan daerah untuk pulau sumatra. sehingga wilayah ini sangat tepat untuk mendirikan digital printing.
II.2      Sasaran Pemasaran
         Melihat keadaan pada wilayah tersebut, maka sasaran konsumen kebanyakan adalah para akademisi mulai dari siswa, mahasiswa.

II.3      Strategi Pemasaran Yang Akan Diterapkan
a.      Diferensiasi.
Kami mencoba meghadirkan bisnis yang berbeda dengan bisnis-bisnis yang sudah ada tapi mempunyai prospek yang bagus, tanpa minimum pemesanan dan juga desain yang tidak hanya kreatif, enak dilihat, tetapi juga desain yang menjual. Serta konsumen juga bisa ikut langsung dalam proses produksi dan design baju yang mereka inginkan. Kami juga mengutamakan kepuasan kepada konsumen dengan hasil kerja yang bagus.
b.      Tempat
Tempat strategis yang ada disekitar kampus di kota Bengkulu.
c.       Strategi Pemasaran jasa
·         Menyediakan layanan antar jemput untuk pelanggan dalam kota.
·         Melayani pemesanan melalui telepon dan e-mail.
·         Menyediakan konsultasi tentang desain.
·         Menyediakan diskon produk dalam jumlah besar.
d.      Biaya Rendah
     Strategi ini bukan berarti kami ingin mengurangi laba tapi kami mencoba untuk menarik pelanggan baru agar tertarik dengan produk yang kami produksi, dengan harga kompetitif tanpa menurunkan kualitas.
II.4      Keunggulan penawaran dibandingkan digital printing lainnya
                   Produk jasa yang ditawarkan ini mempunyai beberapa keunggulan yakni:
    1. Tanpa minimum order, sehingga pelanggan dapat memesan sesuai kebutuhan dan anggaran mereka.
    2. Dapat dikerjakan secara cepat atau instant (30 menit jadi) sehingga dapat ditunggu.
    3. Memberikan diskon kepada konsumen yang memesan banyak.
    4. Menyediakan pelayanan desain kepada konsumen.


III. ASPEK TEKNIS
III.1   Kapasitas produk yang di rencanakan
1. Target dan kapasitas produksi per satu tahun
         Setelah melihat segmen yang kami bidik, Adapun target dan kapasitas produksi yang akan kami lakukan dengan menggunakan beberapa tahap pencapaian selama setahun,:
a.       semester pertama
·         30% kampus dan sekolahan, yang ada di kota Bengkulu menggunakan produk kami.
·         Membangun brand t-shirt printing colection
·         Promosi besar-besaran di kampus dan sekolahan yang ada di kota Bengkulu.
b.      semester kedua
·         45% kampus dan sekolahan, yang ada di kota Bengkulu menggunakan produk kami.
·         Pendekatan ke organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan
·         Mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan memperbanyak pelanggan tetap.
·         Memperluas target pasar yang akan dicapai oleh t-shirt printing colection.
2.      Proses Produksi atau Operasi
a.        Rencana persiapan pelaksanaan
Rencana pelaksaan yaitu reaktualisasi potensi dan masalah, persiapan administrasi dan komunikasi, konsolidasi tim serta menghubungi mitra usaha. Lama waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan ini adalah satu bulan
b.      Reaktualisasi Potensi dan Pesaing
Selang waktu antara usulan kegiatan, maka diperlukan data aktual tentang potensi dan pesaing yang ada di kota Bengkulu yang menjalankan bisnis printing digital.
c.        Persiapan Administrasi dan Komunikasi
Memastikan tempat untuk disewa, mengurus telepon, dan membeli peralatan yang dibutuhkan dalam kegiatan administrasi

d.       Menghubungi Mitra Usaha
Mitra usaha berasal dari mereka yang mempunyai bisnis yang berhubungan dengan digital printing baik yang ada di kota Bengkulu hingga luar propinsi.

e.       Promosi
         Promosi awal dilakukan dengan bazar, pameran disekitar kampus dan sekolahan, media online.

f.        Produksi
Pelanggan membawa file/disket/flashdisk/Memory card/ alat penyimpan lainnya untuk selanjutnya diproses di transfer, di edit, atau di cetak dengan printer sesuai permintaan dari pelanggan.

g.       Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat proses produksi selesai, dan evaluasi menyeluruh dilakukan setiap 1 bulan sekali. Evaluasi ini berupa hal-hal teknis yang masih kurang atau perlu diperbaiki lagi, dan evaluasi pelayanan pada pelanggan.
III.2   Ketersediaan Fasilitas dan Sarana Produksi
Menyediakan jasa Digital Printing membutuhkan bahan baku antara lain:
a.       Komputer membantu design grafis
b.      Hobbyjet DTG Printer (DIRECT TO GARMENT)
c.       T-SHIRT
d.      Tinta hobby print

III.3   Ketersediaan Bahan Baku           
Identifikasi sumber tempat membeli barang-barang tersebut
a.       Toko peralatan komputer
b.      Toko peralatan digital printing
c.       Toko konveksi


III.4      Sumber Daya Manusia
        Usaha Digital Printing ini dikelola oleh 4 orang yang semuanya adalah Mahasiswa Universitas Bengkulu dengan spesifikasi sebagai berikut:
a.    1 orang sebagai divisi produksi
b.   1 orang sebagai divisi keuangan
c.    1 orang sebagai divisi marketing
d.    1 orang sebagai divisi SDM
Tugas dan Tanggungjawab masing-masing:
a. SDM :
·         Bertanggungjawab atas kelangsungan usaha;
·         Mengarahkan dan memberi motivasi pada anggota;
·         Menjalin hubungan kerja dengan mitra bisnis;
·          Bertanggung jawab untuk mengembangkan usaha.
·      Divisi produksi :
·      Bertanggung jawab terhadap kelangsungan usaha;
·      Menjalin hubungan baik dengan pelanggan;
·         Bertanggungjawab terhadap kegiatan produksi;
·         Mendesain sesuai permintaan pelanggan;
·         Mencatat semua order yang masuk;
·         Memberikan pertimbangan berkaitan dengan pengembangan usaha.
c. divisi Keuangan:
·         Mengatur arus kas masuk dan keluar;
·         Mengatur pemberian kompensasi kepada anggota;
·         Memberikan pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai keuangan

d. divisi pemasaran :
·         Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha dan kegiatan pemasaran.
·         Bertanggung jawab atas pencapaian target penjualan perusahaan.
·         Meningkatkan volume penjualan dengan promosi dan sales force.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar